Senin, 02 November 2020

Melatih Kecerdasan, Yuk Intip Manfaat Les Gambar Untuk Perkembangan Anak

Menggambar bukanlah kegiatan yang sekedar corat coret saja. Justru, dengan menggambar akan membantu meningkatkan perkembangan anak, khususnya dalam imajinasi, motoric, konsentrasi, dan sebagainya. Mengingat dampak positifnya, akan lebih baik jika didukung dengan memberikan les gambar. Lantas, apa manfaat dari menggambar? Berikut penjelasannya.

Manfaat Menggambar Untuk Perkembangan Anak
1. Melatih Kecerdasan Motorik
Ketika menggambar diperlukan koordinasi yang baik antara tangan dan mata. Dengan koordinasi yang tepat, akan dapat menggunakan alat tulis dan menghasilkan sebuah gambar yang menarik. Biasanya, pada anak yang suka menggambar, cenderung lebih tahu mengenai cara menggoreskan krayon pada kertas gambar.


Dimana, hal tersebutlah yang menjadi dasar utama untuk mengembangkan kemampuan motorik pada anak. Perlu anda tahu, motorik akan terbentuk dengan baik melalui stimulus dan respon. Dengan menggambar, kemampuan otot tangan akan terlatih, sehingga dapat meningkatkan motoriknya. Kemampuan tersebut perlu dikembangkan, karena sangat penting dalam perkembangan anak. 


2. Meningkatkan Daya Konsentrasi
Selain melatih motorik, menggambar juga bermanfaat dalam meningkatkan daya konsentrasi si kecil. Maka dari itu, untuk melatihnya anda dapat memberikan les gambar, meskipun usia anak masih dini. Seperti yang diketahui, ketika menggambar anak akan lebih fokus serta berkonsentrasi terhadap apa yang dikerjakan.


Dalam hal ini, tentu anak akan mengumpulkan fokusnya untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang diberikan. Dari kegiatan itu, konsentrasi anak akan terus terlatih. Dengan begitu, buah hati anda akan lebih mudah untuk menerima instruksi yang diberikan oleh orang tua, maupun guru di sekolah nantinya. Selain itu, menggambar juga akan membuat anak mempunyai pengamatan detail.


3. Melatih Kesabaran Anak
Apabila si kecil mulai menunjukkan sikap tidak sabaran, sebaiknya anda mulai mengenalkan dengan kegiatan menggambar. Disamping meningkatkan konsentrasi, ternyata menggambar juga dapat digunakan untuk melatih kesabaran anak. Hal ini dikarenakan, pada kegiatan tersebut si kecil diharuskan untuk membuat gambar terlebih dahulu sebelum mewarnai.


Dalam mewarnai pun, terdapat beberapa aturan yang yang harus ditaati oleh anak. Seperti, aturan mewarnai yang tidak boleh keluar garis, harus menggunakan perpaduan warna yang tepat, dan sebagainya. Dari kegiatan tersebut, secara tidak langsung akan melatih kesabaran pada anak. Oleh karena itu, akan lebih baik memberikan les gambar, untuk melatih emosional anak.    


4. Melatih Kreatifitas Dan Imajinasi Anak
Melalui kegiatan menggambar, anak bisa bebas menuangkan apapun ide dan dan pemikirannya. Si kecil juga mempunyai kebebasan untuk menggoreskan pensil maupun warna kesukaannya. Secara tidak langsung, aktivitas tersebut akan meningkatkan daya imajinasi anak. Alhasil, kreatifitas anak pun akan semakin terasah, apabila dilakukan dengan rutin.


Maka dari itu, untuk mendukung kreativitas dan imajinasi anak, biarkan anak berkreasi sesuai pemikirannya. Jangan lupa pula untuk memberikan penghargaan terhadap hasil karya si kecil. Akan lebih baik lagi, jika anda ikut serta memberikan tambahan garis saat anak menggambar secara abstrak. Dengan begitu, anak akan merasa lebih dihargai.


5. Media Mengenal Perbedaan Warna
Aktivitas menggambar memang tidak bisa lepas dari mewarnai. Jadi, selain untuk melatih kecerdasan anak, menggambar juga akan membantu si kecil dalam mengenal perbedaan warna. Penggunaan pensil warna yang beragam, akan membuat anak lebih mudah dalam menghafal jenis warna. Untuk menunjangnya, anda dapat memberikan les gambar pada anak.


Selain melatih kecerdasan anak, banyak sekali manfaat lain yang didapatkan dari kegiatan menggambar. Oleh karena itu, untuk menunjang tumbuh kembang si kecil, usahakan untuk tidak membatasi kebebasannya dalam seni. Akan lebih baik lagi jika anda mendukungnya, dengan memberikan kursus menggambar. Sehingga, hobi dan minat anak dapat tersalurkan dengan baik.

Disqus Comments